Mengetahui Keadaan Bayi Baru Lahir

Setelah sekitar 9 bulan menunggu, masa penantian akan berlalu. Ibu akan segera bertemu dengan bayinya. Jika proses kelahiran normal, bayi akan lahir dengan kepala terlebih dahulu tanpa bantuan khusus. Namun, bisa jadi operasi sesar atau cara melahirkan lainnya menjadi alternatif ketika proses melahirkan tidak bisa normal.

Tangisan mengawali kehadiran buah hati yang sudah ibu nantikan. Tali pusat digunting, bayi mungil kemudian ditaruh di atas perut ibu untuk merasakan kedekatan emosional sebelum kemudian diberi handuk atau selimut penghangat. Bayi ibu akan refleks mencari putting susu ibunya.

Umumnya bayi baru lahir akan dianggap sehat bila langsung menangis saat lahir. Seluruh tubuhnya tampak kemerahan dan tidak terlihat pucat atau biru. Selain itu, bayi memiliki gerakan yang aktif dan bisa menetek dengan kuat. Selain itu berat bayi sehat minimal 2,5 kg.

Bayi baru lahir akan melalui serentetan masa transisi, baik dalam pernasapan, metabolisme, nutrisi, pembuangan bilirubin, sirkulasi darah, maupun keseimbangan gula darah. Oleh karenanya, bayi juga perlu serangkaian pemeriksaan umum, yang biasa disebut skor Apgar.

Pada tahap ini akan diketahui fungsi otak dan sirkulasi darah saat lahir serta efektivitas pernapasan dan adaptasi sirkulasi darah sesudah bayi lahir. Biasanya bayi membutuhkan waktu 1-2 menit untuk mencapai pola napas yang efektif, dalam hal ini bayi sudah bisa bernapas dengan baik dan kulitnya tampak merah muda. Dengan cara ini akan diketahui bayi mana yang membutuhkan pertolongan dan yang tidak.

Melihat bayi baru lahir, mungkin Anda akan kaget. Mungkin anda membayangkan bayi Anda seperti dalam iklan, tetapi Anda mendapatkan bayi yang ditutupi lapisan lemak dengan wajah merah keriput dan bentuk agak aneh. Anda tidak perlu cemas karena hanya sedikit bayi yang lahir nampak langsung sempurna. Semua keanehan itu akan menghilang dalam beberapa minggu.

Meski baru lahir, bayi sebenarnya sangat tangguh. Tidak perlu ada kekhawatiran untuk menggendongnya meskipun tampak ringkih. Ketika bayi lahir, berat dan panjang badan serta lingkar kepala akan berbeda-beda. Umumnya bayi lahir dengan berat 3-3.5 gram, panjang sekitar 50 cm, dan lingkar kepala 37 cm. Pada hari-hari pertama kelahirannya, berat bayi akan mengalami penurunan. Namun, dalam waktu 4-5 hari berat badannya akan kembali naik.

Pada bayi baru lahir, tumbuh rambut halus (lanugo) disekujur tubuhnya, tertutama pada bayi prematur. Rambut ini akan hilang secara perlahan pada bulan-bulan pertama kehidupannya. Begitu pun pada rambut kepala, dalam waktu beberapa minggu akan rontok dan akan tumbuh rambut yang permanen.

Kelopak mata bayi baru lahir tampak agak sembab. Bahkan pada konjungtiva (mata bagian putih) juga tampak merah akibat pendarahan ringan. Kondisi ini akan membaik dengan sendirinya.

Terkadang pada mata bayi baru lahir tampak berair. Hal itu karena sebagian saluran mata pada bayi belum terbuka. Hal ini juga tidak perlu dirisaukan karena saluran ini akan membuka dengan sendirinnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar