Perkembangan Bayi 0 sampai 12 Minggu dalam Kandungan


Perkembangan bayi dalam kandungan pada trisemester pertama (0 s/d 12 minggu) merupakan periode awal kehidupan bayi dalam kandungan. Berikut ini perkembangan bayi dalam kandungan dari minggu ke minggu :

Minggu Pertama: 
Di minggu ini menstruasi terakhir bagi wanita / ibu sebelum kehamilannya. Pada ini pula hormon dalam tubuh wanita / ibu mempersiapkan sel telur untuk dilepaskan.
Minggu Kedua:
Pada minggu kedua ini dinding rahim atau Uterus mengalami  penebalan untuk mempersiapkan tahap ovulasidan mempersiapkan untuk tahap ovulasi (proses pelepasan sel telur yang telah matang menuju tuba fallopi untuk dibuahi). Tuba fallopi, dikenal juga sebagai oviduk atau buluh rahim, adalah dua buah saluran yang sangat halus yang menghubungkan ovarium dengan rahim.
Minggu Ketiga:
Tahap ovulasi (proses pelepasan sel telur yang telah matang menuju tuba fallopi untuk dibuahi). Pada minggu ini sperma bertemu dengan sel telur di tuba fallopi atau disebut juga proses pembuahan. Pembuahan memerlukan waktu 4 hari. Setelah sel telur dibuahi, maka dinamakan zygote.
Minggu Keempat: 
Pada minggu ini merupakan awal zygote kecil menemukan tempat di dalam rahim dan pada akhir minggu seorang wanita / ibu tidak mendapat menstruasi sehingga menjadi tanda pertama kemungkinan kehamilan. Akan tetapi pada kasus tertentu, beberapa wanita / ibu mendapatkan sedikit pendarahan, tapi jangan khawatir pendarahan yang sedikit itu karena implatasi dari zygote ke dalam dinding rahim jadi jangan disalahartikan sebagai menstruasi.
Minggu Kelima:
Pada minggu kelima ini ukuran bayi pada rahim sebesar buah apel dan disebut sebagai embrio. Bayi sudah mempunyai detak jantung sendiri serta plasenta dan tali pusat sudah bekerja sepenuhnya pada minggu ini. Di samping itu vesikel-vesikel otak primer mulai terbentuk dan sistem saraf mulai berkembang.
Minggu Keenam:
Pada minggu ini embrio terlihat seperti berudu dan sudah dapat dikenali bahwa kepala, ekor, tangan, dan anggota badan masih seperti tunas. Ini merupakan awal pembentukan hati, pankreas, paru-paru, kelenjar tiroid, dan jantung.
Minggu Ketujuh:
Pada minggu ini jantung sudah terbentuk lengkap. Dan untuk pertama kalinya saraf dan otot bekerja bersamaan. Bayi mempunyai refleks dan bergerak spontan akan tetapi belum dapat merasakan sang ibu. Dan pada akhirt minggu ini otak akan terbentuk lengkap.
Minggu Kedelapan:
Pada minggu kedelapan ini embrio sudah berukuran panjang sekitar 25 – 30 mm. Lengan dan kaki sudah terbagi menjadi komponen paha, kaki, tangan, lengan, dan bahu. Organ reproduksinya pun mulai terbentuk begitu juga dengan kartilago dan tulang. Telinga luar sudah terbentuk sempurna dan mata membentuk pigmen. Di dalam otak jaringan saraf berhubungan dengan lobi penciuman di otak. Di samping itu jantung sudah memompa dengan kuat dan dengan irama yang teratur.
Minggu Kesembilan:
Pada minggu ini perut dan rongga dada sudah terpisah serta otot mata dan bibir atas terbentuk dan pergerakan pertama fetus sudah dapat diditeksi dengan USG.
Minggu Kesepuluh:
Pada minggu ini tulang sudah menggantikan kartilago, kemudian diafragma memisahkan jantung dan paru-paru dari perut, serta otot leher terbentuk, otak berkembang cepat dalam bulan terakhir ini sehingga proporsi kepala lebih besar daripada tubuh.
Minggu Kesebelas: 
Pada minggu ini organ seks luar sudah terbentuk, kemudian folikel-folikel rambut dan gigi pun sudah dapat menelan cairan amnion dan mengeluarkan kembali (kencing)
Minggu Keduabelas:
Pada minggu ini ukuran fetus sang ibu sekarang sekitar 8 cm. Dan semua organ vital bayi sudah terbentuk. Otot sudah dapat merespons sinyal dari otak dan bayi sudah dapat menendang.

Nah pada akhir trisemester pertama ini, organ-organ tubuh bayi sudah terbentuk. Dan ibu sudah tidak merasa mual dan lelah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar