Perkembangan Bayi 29 sampai 40 Minggu dalam Kandungan


Mulai trimester ini bayi akan bertumbuh semakin besar. Ibu dapat melihat bayinya di bawah kulit perutnya. Memasuki trimester terakhir ini ibu akan mulai mengunjungi dokter 2 minggu sekali, sibuk mencari nama untuk si kecil, dan kurang waktu tidur karena perut yang semakin membesar. Apa pun itu, di bawah ini perkembangan bayi dalam kandungan ibu pada trimester terakhir ini.
Minggu Kedua Puluh Sembilan :
Posisi bayi saat ini mempersiapkan diri seperti posisi lahir dengan kepala ke arah bawah. Selain itu, jaringan lemak terus terbentuk.
Minggu Ketiga Puluh :
Bayi mengisi hampir seluruh ruang di dalam rahimnya. Ketika bayi menendang atau mendorong, ibu dapat melihat kaki atau tangan bergerak di bawah kulit perut ibu. Di samping itu, otak berkembang sangat cepat.
Minggu Ketiga Satu :
Bayi semakin bertumbuh besar, maka ruangan rahim menjadi lebih sedikit dan bayi akan berkurang geraknya. Bayi kemungkinan dalam posisi melengkungkan badan dengan dengkul dilipat, dagu di dadanya, serta tangan dan kaki saling bersilang.
Minggu Ketiga Puluh Dua :
Bayi berada dalam posisi kepala di bawah sampai nanti lahir. Bayi akan tetap menendang. Gerakannya rata-rata sehari meningkat 375 per hari, tetapi ibu tidak akan merasakan semuanya ini. Sepuluh gerakan sehari sudah normal.
Minggu Ketiga Puluh Tiga :
Ibu akan makin merasakan geraknya karena bayi mengisi hampir  seluruh ruang rahim. Gerakan akan menjadi aktif suatu waktu yang membuat ibu tak nyaman, terutama ketika kakinya di bawah tulang rusuk ibu. Bayi mempunyai seluruh rambutnya pada minggu ini.
Minggu Ketiga Puluh Empat :
Pertumbuhan terutama pada otak dalam minggu-minggu ini. Smeua sistem tubuh sudah terbentuk sempurna walaupun paru-paru masih tetap belum matang. Bayi memberi respons terhadap suara yang familiar.
Minggu Ketiga Puluh Lima :
Bayi terus menambah cadangan lemak di bawah kulitnya. Selain itu, kepala bayi sudah mulai memasuki panggul.
Minggu Ketiga Puluh Enam :
Mulai dari minggu ini bayi sudah mempunyai ukuran dan kematangan yang siap untuk lahir. Jika bayi lahir pada minggu ini, bayi akan lahir prematur, tetapi bayi akan baik-baik saja. Pada bulan terakhir kehamilan ini, bayi akan mendapat antibodi dari ibunya, seperti campak. Selain itu, lemak akan terus bertambah di bawah kulit setiap hari.
Minggu Ketiga Puluh Tujuh :
Bayi akan terus berlatih untuk menggerakkan paru-parunya karena bayi akan bernapas setelah dilahirkan. Jika posisi kepala bayi di bawah, kemungkinan kepala sudah memasuki panggul ibu pada minggu ini.
Minggu Ketiga Puluh Delapan :
Refleks bayi sudah terkoordinasi. Bayi sudah dapat mengedipkan mata, menggerakkan kepala, memegang, dan merespons suara, sentuhan, dan cahaya. Selain itu, bayi sudah dapat membedakan antara terang dan gelap.
Minggu Ketiga Puluh Sembilan s/d Empat puluh :
Bayi sudah siap untuk lahir. Pada minggu ini bayi sudah terlihat cukup montok. Dengan lemak yang terbentuk di bawah kulitnya, bayi akan mampu mengatur suhu tubuhnya saat lahir. Kulit abyi halus dan lembut. Berat bayi sekitar 2,7 kg-3,2 kg dengan panjang sekitar 50 cm.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar