logo blog
Selamat Datang Di Blog Foto-foto Bayi
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Foto-foto Bayi,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Perkembangan Bayi 13 sampai 28 Minggu dalam Kandungan

Memasuki trisemester kedua ini, kandungan ibu sudah mulai terlihat membesar dan rasa mual serta lemas juga sudah mulai menghilang. Bayi sudah mulai merespons suara dan cahaya pada minggu ke 13 s/d minggu ke 18.
Minggu Ketiga Belas :
Pada minggu ini, jari tangan dan telapak kaki mulai terlihat. Panjang bayi sekitar 7,5 cm dengan trakea, paru-paru, hati, pankreas, dan usu berkembang ke fungsi terakhir. Pita suara mulai terbentuk dan tunas gigi muncul dengan 20 gigi bayi.
Minggu Keempat Belas :
Pada minggu ini, organ seks bayi sudah dapat dibedakan antara laki-laki dan perempuan. Denyut jantung bayi berdetak kuat (detak jantung hampir dua kali lebih cepat dari denyut jantung ibunya) dan ibu dapat mendengarkannya di dokter kandungan. Bayi sudah memberi respons terhadap dunia di luar rahim ibu. Bayi mungkin akan bergerak bila kita mengusap perut ibunya, tetapi ibunya mungkin masih belum dapat merasakannya.
Minggu Kelima Belas :
Pada minggu ini, bayi sudah mulai dapat mendengarkan denyut jantung ibunya, suara perut ibunya, juga suara ibunya. Sekarang bayi sudah mulai mempunyai rambut di kepalanya dan juga bulu mata dan alis. Ukurannya sekarang 114 gram dengan panjang sekitar 15 cm.
Minggu Keenam Belas :
Pada minggu ini, jika sinar terang diletakkan di perut ibunya, bayi akan menggerakkan tangan dan matanya. Jika ibu hamil melakukan USG saat ini, mungkin ibu dapat mengetahui jenis kelamin bayinya. Otot bayi sudah berkembangan dan menjadi kuat. Gerakannya semakin aktif. Bayi mulai mengisap ibu jarinya, menguap, merenggangkan tubuhnya, sudah menelan, kencing, dan cegukan. 
Minggu Ketujuh Belas :
Karena masih banyak ruang dalam rahim ibu, bayi akan bergerak merasakan sekitarnya. Kulit bayi berkembang dan transparan. Di samping itu, terlihat merah sebab pembuluh darah masih terlihat jelas.
Minggu Kedelapan Belas :
Dalam minggu ini, mungkin ibu sudah dapat merasakan gerakan putarannya untuk pertama kali. Sekarang bayi sudah dapat mendengarkan suara dari luar tubuh ibunya. Bayi akan bergerak atau melompat ketika mendengarkan suara keras. Otot bayi sudah dapat berkontraksi dan rileks. Bayi sudah dapat menendang atau meninju dan bergerak sangat aktif. 
Minggu Kesembilan Belas :
Sekarang panjang bayi sekitar 23 cm. Jika sebelumnya ibu belum juga merasakan gerakan bayinya, mungkin ibu akan mulai merasakan gerakannya pada minggu ini.
Minggu Kedua Puluh :
Jika sebelumnya ibu masih belum dapat merasakan gerakannya, pada minggu ini ibu pasti akan merasakan gerakannya. Ibu mungkin mengartikan gerakannya pertama kali ini sebagai angin karena terasa seperti letupan gelembung-gelembung di dalam. Bayi bergerak sekitar 200 kali sehari, tetapi ibu hanya akan merasakan sedikit dari semua gerakan ini.
Minggu Kedua Puluh Satu :
Ibu akan merasakan lebih banyak lagi gerakan bayinya sekarang, karena bayi pada minggu ini semakin aktif. Panjang bayi pada minggu ini sekitar 28 cm.
Minggu Kedua Puluh Dua :
Pada minggu ini bayi sadar akan lingkungannya dan akan merasa tenang ketika mendengarkan suara dan sentuhan ibunya di perut. Tubuh bayi mulai memproduksi sel darah putih. Ini penting untuk bayi dalam melawan penyakit dan infeksi.
Minggu Kedua Puluh Tiga :
Pada minggu ini Ibu dapat mendengarkan detak jantung bayinya dengan stetoskop (letakkan stetoskop langsung di perut ibu).  Selain ini, pertumbuhan otaknya sangat cepat. Panjangnya sekitar 23 cm. Sekarang ukuran kepalanya sudah sesuai dengan tubuhnya.
Minggu Kedua Puluh Empat :
Pendengaran bayi sudah terbentuk sempurna. Bayi akan bergerak jika mendengar suara musik dari luar. Bayi membentuk pola kapan saat tidur dan kapan saat bangun. Ibu akan merasakan ketika suatu saat bayi bergerak terus dan saat lain tidak.
Minggu Kedua puluh Lima :
Bayi mulai berlatih bernapas dengan menghirup dan mengembuskan cairan amnion. Hal ini kadang membuat bayi cegukan sehingga ibu akan dapat merasakannya juga.
Minggu Kedua Puluh Enam :
Bayi sudah mempunyai lemak di bawah kulit yang akan membantu mengontrol suhu tubuhnya pada saat lahir. Wajah dan tubuhnya secara umum akan terlihat seperti bayi saat lahir. Panjangnya sekitar 28-32 cm dengan berat sekitar 680 gram.
Minggu Kedua Puluh Tujuh :
Bayi mulai mampu mengejapkan matanya. Bayi terlihat seperti bernapas, tetapi sebenarnya bayi mengambil air, bukan udara. Ini merupakan latihan yang baik untuk paru-parunya.
Minggu Kedua Puluh Delapan :
Pada bayi laki-laki, testis akan turun ke kantung skrotum. Selain itu jaringan otak berkembang dan sekarang bayi dapat bermimpi.

Masukkan alamat email Anda untuk mendapatkan update dari Foto-foto Bayi.
Print PDF
Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

Copyright © 2014. Foto Foto Bayi - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger