Laman

Perkembangan Janin Dalam Kandungan


Dalam Al Qur'an disebutkan bahwa proses pencitaan manusia dalam rahim seorang ibu melalui tiga tahapan.


"... Dia menjadikan kamu dalam perut ibumu kejadian demi kejadian dalam tiga kegelapan. Yang (berbuat) demikian itu adalah Allah, Tuhan kamu, Tuhan yang mempunyai kerajaan. Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia; maka bagaimana kamu dapat dipalingkan?" (Al Qur'an, 39:6)


Dalam ayat tersebut ditunjukkan bahwa seorang manusia diciptakan dalam rahim ibunya dalam tiga tahapan yang berbeda. Dalam buku Basic Human Embryology, sebuah buku referensi utama dalam bidang embriologi, fakta ini diuraikan sebagai berikut:


"Kehidupan dalam rahim memiliki tiga tahapan: pre-embrionik; dua setengah minggu pertama, embrionik; sampai akhir minggu ke delapan, dan janin; dari minggu ke delapan sampai kelahiran." (Williams P., Basic Human Embryology, 3. edition, 1984, s. 64.)



Berikut ini tahapan perkembangan bayi dalam rahim :


Tahap Pre-embrionik :
Pada tahap pertama ini berlangsung selama dua setengah minggupertama, zigot tumbuh membesar melalui pembelahan sel, dan terbentuklah segumpalan sel yang kemudian membenamkan diri pada dinding rahim. Seiring pertumbuhan zigot yang semakin membesar, sel-sel penyusunnya pun mengatur diri mereka sendiri guna membentuk tiga lapisan.



Tahap Embrionik :

Tahap kedua ini berlangsung selama lima setengah minggu. Pada masa ini bayi disebut sebagai "embrio". Pada tahap ini, organ dan sistem tubuh bayi mulai terbentuk dari lapisan- lapisan sel tersebut.



Tahap fetus (janin) :

Dimulai dari tahap ini dan seterusnya, bayi disebut sebagai "fetus". Tahap ini dimulai sejak kehamilan bulan kedelapan dan berakhir hingga masa kelahiran. Ciri khusus tahapan ini adalah terlihatnya fetus menyerupai manusia, dengan wajah, kedua tangan dan kakinya. Meskipun pada awalnya memiliki panjang 3 cm, kesemua organnya telah nampak. Tahap ini berlangsung selama kurang lebih 30 minggu, dan perkembangan berlanjut hingga minggu kelahiran.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Cloud

Perkembangan Janin Dalam Kandungan dari Minggu ke Minggu Perkembangan Bayi Dalam Kandungan Perkembangan Bayi Dalam Kandungan dari Minggu ke Minggu TINDAKAN DAN PEMERIKSAAN SEGERA SETELAH BAYI LAHIR Akibat bayi Berat Lahir Rendah Aktifitas Pergerakan Bayi dalam Kandungan Amankah USG (Ultrasonografi) bagi Bayi dalam Kandungan? Arti dari Ekspresi Wajah Bayi Bayi Berat lahir Rendah Cara Memberi Minum Bayi Cara Merawat Bayi Cara benar merawat kuku bayi Ekspresi Bayi Lapar Ekspresi Bayi Mengantuk Ekspresi Bayi Senang Ekspresi Bayi Siap untuk makan Ekspresi Bayi Terkejut Ekspresi Bayi puas Ekspresi Berikan susu sekarang Foto foto Bayi Sedang Tidur Frekuensi Pergerakan Bayi dalam Kandungan Kenali Gejala Kelahiran Bayi Prematur Kenali Warna Kulit Bayi Lahir prematur Masalah-masalah di Unit Perawatan Intensif Bayi Baru Lahir Mencegah Bayi Lahir Prematur Mengetahui Bayi Sehat atau Tidak Setelah Lahir Mengetahui Keadaan Bayi Baru Lahir sejak Dini Merangsang Kecerdasan Bayi Sejak Dini NICU Pembersihan Bayi Baru Lahir Penanganan Bayi Baru Lahir Pencegahan Diare pada Bayi Baru Lahir Penyebab bayi Berat Lahir Rendah Perawatan Lanjutan bagi Bayi Baru Lahir Perbedaan Gerakan Bayi Berbeda dengan Bayi Lainnya Perkembangan Bayi 0 sampai 12 Minggu Perkembangan Bayi 13 sampai 28 Minggu Perkembangan Bayi 29 sampai 40 Minggu Perkembangan Janin Dalam Kandungan ROP Saat Ibu Hamil Mulai Merasakan Gerakan Bayinya Tahap Embrionik Tahap Pre-embrionik Tahap fetus (janin) Tanda-tanda bayi Lahir Sehat Tanda-tanda bayi Lahir Tidak Sehat USG Ultrasonografi kesulitan/masalah selama proses kelahiran tanda-tanda gangguan kesehatan dalam hari-hari pertama hidupnya