logo blog
Selamat Datang Di Blog Foto-foto Bayi
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Foto-foto Bayi,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Aktifitas Pergerakan Bayi dalam Kandungan


Kapankah seorang wanita hamil akan merasakan gerakan bayinya untuk pertama kali? Apakah gunanya ibu menghitung gerakan bayi dalam kandungan? Dan apakah gerkana bayi anda normal?


1. Saat Ibu Hamil Mulai Merasakan Gerakan Bayinya

Untuk kehamilan pertama kali, seorang ibu hamil kemungkinan baru akan dapat merasakan gerakan bayinya sekitar kehamilan 18-20 minggu. Untuk kehamilan yang kedua atau lebih, maka gerakan bayi pertama kali dpaat dirasakan lebih awal, sekitar kehamilan 15-18 minggu.
Ibu hamil biasanya akan mulai merasakan gerakan bayi dalam kandungannya dengan lebih jelas setelah trimester kedua kehamilannya. Saat itu tendangan akan semakin jelas, kuat, dan teratur.
Jangan berpikir bayi akan selalu terus bergerak. Bayi pun seperti kita, mereka perlu mengambil waktu beberapa jam untuk beristirahat dan tidur sebelum beraktivitas kembali. Oleh karenanya, sebagai seorang ibu hamil, anda akan segera dapat mempelajari dan akan mengenali pattern atau pola tidur-bangun dari bayi dalam kandungan anda.

2. Perbedaan Gerakan Bayi Berbeda dengan Bayi Lainnya

Bila ibu mencoba membandingkan tendangan yang dirasakan dengan ibu hamil lainnya, ingat untuk jangan khawatir jika ibu mempunyai pengalaman yang berbeda dengan teman ibu yang lainnya.
Hal ini karena setiap bayi mempunyai bentuk aktivitasnya masing-masing dan tidak ada satu pun nilai jumlah yang tepat atau yang paling benar.
Yang terpenting ibu ketahui yaitu selama kebiasaan tingkat aktivitas bayi dalam kandungan ibu tidak berubah menurun terlalu banyak, maka bayi ibu dalam keadaan baik.

3. Frekuensi Pergerakan Bayi dalam Kandungan

Mulai dari kehamilan 36-40 minggu, bayi ibu akan semakin membesar dan mengisi hampir seluruh ruang rahim. Biasanya gerakan berputarnya mulai berkurang. Gerakan yang akan ibu rasakan saat ini adalah tendangan atau tinju dari lengan atau kakinya, bahkan mungkin tendangan diarah bawah tulang rusuk, tergantung pada posisi bayi.
Biasanya pada 2 minggu akhir dari kehamilan, gerakan dari bayi akan menurun. Jangan menjadi khawatir, yang terpenting ibu lakukan adalah menilai gerakan bayi ibu. D USA hal ini menjadi hal rutin yang dianjurkan dokter setelah kehamilan 28 minggu. Oleh karena itu, seorang ibu hamil sebaiknya minilai gerakan (tendangan) bayi.
Ketika ibu dalam kesibukan, ibu mungkin akan kurang menyadari gerakan yang dibuat oleh bayi. Ibu akan lebih merasakan gerakan bayi ketika ibu duduk dan santai/rileks.

Dianjurkan :

Saat seorang ibu hamil sudah dapat merasakan gerakan janinnya secara teratur, biasanya seorang ibu hamil sudah mengetahui atau menyadari kapan biasanya bayi cenderung lebih aktif bergerak.

Tentukan waktu (sebaiknya mengambil waktu yang sama setiap hari) untuk menghitung gerakan bayi ibu. Pada saat bayi cenderung beraktivitas lebih aktif, tentukanlah posisi yang santai, duduk atau tiduran, sambil mendengarkan musik. Kemudian, mulailah untuk menghitung gerakan bayi ibu. Bila dalam 2 jam ibu tak merasakan 10 gerakan, kosultasilah dengan dokter.

Masukkan alamat email Anda untuk mendapatkan update dari Foto-foto Bayi.
Print PDF
Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

Copyright © 2014. Foto Foto Bayi - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger